Renungan Mezbah Keluarga #17B04

Bacaan: Matius 13:3-23

Saudara, tahukah kita bahwa ada 3 model penggambaran hidup orang percaya menurut Alkitab, yakni:
  1. pohon
  2. rumah
  3. tubuh
Ketiga gambaran tsb kalau didalami satu persatu, akan mengungkapkan betapa dalam dan detilnya rahasia Kerajaan Allah itu. Wuiiih...segitunya ya?? Ya! Dan setiap orang Kristen harus tahu itu. Oleh karena itu, mari kita dalami gambaran yg pertama, yakni POHON. Bagaimana benih pohon itu disemai, bagaimana ia berakar, bertumbuh dan berbuah.

Mari kita belajar dari apa yang disampaikan oleh Tuhan Yesus sendiri kepada para muridNya dalam Injil Matius 13:3-23. Bacaan ini penting sebab secara eksplisit Tuhan Yesus menyebut perumpamaan ini sebagai rahasia  Kerajaan Sorga, kataNya: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya." Wow..! jika kita bisa mengetahui dan mempraktekkan ajaran Tuhan Yesus itu dengan benar, tekun dan setia, maka rahasia Kerjaan Sorga akan dinyatakan dan berkat-berkat Sorgawi juga akan dilimpahkan dalam hidup dan pelayanan kita. Yuk, kita kupas satu demi satu "rahasia" Kerajaan Allah tsb.

Pertama, kita akan mengupas perihal  BENIH yang ditaburkan. Siapa yang menaburkan benih? Dan apa yang sesungguhnya dimaksud dengan benih itu sendiri?
Saudara, penabur benih yg dimakud dalam perumpamaan tsb sudah jelas adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri. IA datang ke dunia (lahan kebun sang Bapa) untuk menaburkan benih benih kehidupan. Ia mengolah lahan hati sebagai lahan terbaik milik Allah agar tiap manusia dapat berakar kuat didalam firman, bertumbuh subuh dalam persekutuan dan berbuah lebat dalam pelayanan. Lalu bibit benih seperti apakah yang begitu berharga bagi kehidupan? Mengapa ia begitu penting bagi Kerajaan Allah?

(bersambung)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment