Renungan Mezbah Keluarga #17B13

Bacaan: Matius 13:3-23

Melanjutkan MK yang lalu...

a. ACUH TAK ACUH
Sikap acuh tak acuh adalah sikap yg tidak memperdulikan, cuek, tidak mengangap bahkan menolak kehadiran Sang Penabur maupun Benih Kerajaan Surga yang ditaburkan. Alkitab dengan jelas mencatat: "Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya." (Yohanes 1:10-11).

Pertanyaan kita, mengapa orang bisa begitu cuek, acuh tak acuh dan bahkan menolak taburan benih Kerajaan Surga? Salah satu alasannya adalah kerena ia MENGERASKAN HATI (Amsal 28:14). Tanah dipinggir jalan adalah gambaran tanah yang sangat keras. Tiap hari ia diinjak injak orang, dilewati roda roda pedati....dan ditimbuni dengan banyak batu dan pasir. Ia yang sudah keras makin dikeraskan dan terus dikeraskan, baik oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain (yang punya kepentingan atas dirinya). Bisa jadi ia sibuk dilintasan kehidupan, tetapi tidak peduli pada kehidupan itu sendiri. Kepada orang yg seperti itu Yesus berkata: "sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yg berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya.." (Matius 13:13-15).
Adakah orang yan seperti itu? Banyak! Bahkan yang lebih ngeri...mereka ini menyatakan diri sebagai orang yang paham agama, ahli mengutip ayat ayat suci, mengenakan jubah simbol simbol imam, berteriak membela Tuhan... namun sesungguhnya hati mereka menebal dan menolak ditumbuhi benih Firman, Kehidupan dan Karunia Roh.

(bersambung)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment