Renungan Mezbah Keluarga #17B07

Bacaan: Matius 13:3-23

Benih Kehidupan
Pengertian benih yang kedua adalah KEHIDUPAN. Saudara tahukah kita bahwa ada 3 jenis pohon yang ada di Taman Eden TUHAN? Apa itu? Mari kita baca teks kisah penciptaan, kisah dimana benih kehidupan itu dimulai:
"Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat." (Kej 2:8-9)
  1. Jadi dari FT kita tahu bahwa ada 3 jenis pohon yang ditanam oleh Allah :
    berbagai pohon dibumi yang menarik dan baik untuk dimakan.
  2. Pohon kehidupan.
  3. Pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat.
Untuk jenis dan bentuk pohon yang pertama kita sudah tahu, sebab itulah pohon dan buah yang bisa kita nikmati setiap hari, yang menjadi sumber makanan bagi semua kehidupan di bumi.

Untuk pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat, kita juga sudah tahu karena manusia Adam dan Hawa telah memakannya. Pohon itulah yang kita sebut Firman (hukum Taurat), sebab saat manusia memakannya maka terbukalah matanya, ia segera mengatahui apa yang baik dan yang jahat. Rasul Paulus menjelaskan panjang lebar tentang hal ini dalam kitab Roma pasal 7, yang intinya melalui adanya hukum Taurat manusia malah mengenal dosa dan "dirangsang" untuk berbuat dosa (Rm 7:5). Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!" (Rm 7:7).

Nah, sekarang kita bertanya apa yang dimaksud dengan pohon kehidupan? Pohon yang ada ditengah tengah taman Eden itu? Yang oleh karena dosa manusia, maka pohon tsb tertutup dan dijagai oleh TUHAN, sehingga manusia yang berdosa tak mengetahui jalan kesana (Kej 3:2).

(bersambung)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment