Renungan Mezbah Keluarga #17B09

Bacaan: Matius 13:3-23

Benih Karunia
Seseorang yang telah menerima benih kehidupan kekal, melalui Yesus Kristus akan disebut manusia baru atau manusia rohani, yang menerima benih karunia rohani. Apa itu manusia baru atau manusia rohani? Yesus menjelaskan kepada Nikodemus (pemimpin agama Yahudi) demikian:
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh." (Yoh 3:5-6). Ini yang kemudian diberitakan oleh para murid Yesus yg telah menerima karunia roh: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. (Kis 2:38). Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia." (Kis 5:32).

Jadi benih Karunia Roh itu:
  1. berbeda dengan bakat dan talenta
  2. diterima saat seseorang bertobat, memberi diri dibaptiskan dalam nama Yesus Kristus dan mengalami kelahiran baru (Kis 2:38)
  3. diberikan oleh Allah untuk kepentingan bersama dalam membangun tubuh Kristus (I Kor 12:7)
  4. ada 9 ragam benih karunia rohani, yakni: karunia hikmat, karunia marifat, karunia iman, karunia mujizat, karunia nubuat, karunia membedakan macam2 roh, karunia berbahasa roh dan karunia menafsirkan bahasa roh (I Kor 12:7-11)
  5. diberikan dalam bentuk benih, maka ia harus ditumbuhkan didalam truth, fellowship dan worship.
Betapa dahsyatnya benih karunia roh ini. Sebab roh (dapat) menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal hal yan tersembunyi dalam diri Allah (I Kor 2:10). Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. (Roma 8:26)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment