Renungan Mezbah Keluarga #17D20

Bacaan: Yesaya 30:15

Siapapun pernah menghadapi masalah atau kenyataan yang tidak seperti yang diharapkan. Contoh ketika kita berdoa agar kebaikan dan kebenaran yang menang....eeh.. Tuhan malah ijinkan yang sebaliknya.

Lalu muncul pertanyaan "Tuhan mengapa semua ini terjadi?"

Saudara, ijinkan kami memberikan dua kata penting yang perlu diingat saat menghadapi kenyataan yang susah diterima oleh "akal sehat", yakni TENANG dan PERCAYA.

Bacaan MK kita dari Yesaya 30:15 mengatakan: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Ini adalah perkataan Allah sendiri kepada umat Israel yang sedang kecewa, galau, terjepit dan takut akan terjadinya tekanan dan penindasan.

Tuhan ingin agar dalam situasi apapun, kita berespon benar yakni TENANG dan PERCAYA!

Pertama, dalam ketenangan kita diminta untuk mengkoreksi diri dan bertobat. Jangan berespon panik, menyalahkan situasi, orang lain bahkan Tuhan. Ingat kepanikan hanya akan menenggelamkan kita. Sama seperti orang yang tak bisa berenang, tercebur dalam kolam renang. Semakin ia panik, semakin tenggelamlah ia. Orang yang mau menolongnyapun ragu karena takut diseret dan tenggelam bersama dengannya. Maka caranya cuma satu, dia harus tenang atau ditenangkan agar bisa ditolong.

Kedua, dalam percaya, kita diminta untuk kembali kepada jalan Tuhan, kepada cinta mula mula, kepada hidup dalam kebenaran dan kekuatan FirmanNYA. Tuhan Yesus sendiri mengatakan:   "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya." (Yoh 15:7)

Saudara,
Ketika semua jalan nampak buntu, depan belakang, kiri kanan sudah tak ada jalan, maka disitu saatnya berlutut dan melihat ke atas.

Tenanglah dan percayakan hidupmu kepada Tuhan. Biarkan Tuhan bertindak dengan kehendakNYA (God's will) caraNYA (God's way), dan waktuNYA (God's time).

Sebab...
Often when we lose hope and think this is the end, GOD smiles from above and says, "Relax, sweetheart, it's just a bend, not the end!
TAD

No comments:

Post a Comment