Renungan Mezbah Keluarga #17D22

Bacaan: II Samuel 19:1-8

Pernahkah saudara membuat satu pilihan, kemudian tak berdaya untuk mengubahnya? Atau memberikan mandat kepada seseorang dengan harapan akan ada perbaikan..tetapi yang terjadi justru keburukan dan kejahatan?

Kisah berikut kiranya bisa menjadi pelajaran yang berharga.

Suatu saat anak Daud yang bernama Absalom bangkit melawan Daud. Daud marah...kemudian Daud mengirim pasukan dibawah pimpinan Yoab dan Abisai untuk mengejar Absalom, dengan pesan: "Perlakukanlah Absalom, anak muda itu dengan lunak karena aku."  Seluruh tentara mendengar, ketika raja memberi perintah itu.

Saat pertempuran terjadi, Absalom kalah dan melarikan diri menunggangi bagal melewati jalinan dahan dahan pohon terbantin....apesnya Absalom tersangkut kepalanya ke dahan dahan pohon. Yoab yang diberitahu ...kemudian mendatangi Absalom, dan mengambil keputusan untuk membunuh Absalom dengan mengabaikan "pesan" Daud. Yoab mengambil tiga lembing dan ditikamkan ke dada Absalom. Sedang Absalom masih hidup, sepuluh bujang pembawa senjata Yoab, mengelilingi Absalom, lalu memukul dan membunuh dia. Mayat Absalom pun dilemparkan kedalam lubang besar dihutan. Sungguh sangat mengerikan.

Kabar kematian Absalom akhirnya sampai juga ke raja Daud. Tentu saja hal itu mengejutkan Daud. Sebab bukankah ia telah berpesan bahwa Absalom cukup dihajar "dengan lunak" dan jangan dibunuh. Tetapi mengapa sekarang ia mendengar kabar kematian Absalom? Bahkan dibunuh secara kejam? Tentu Daud terkejut, marah dan menyesal dengan amat sangat hingga ia berteriak: "Anakku Absalom, anakku Absalom! Ah, kalau aku mati menggantikan engkau, Absalom anakku, anakku!"

Tragis...bukan!!
Berita kemenangan pun tiba tiba berganti menjadi perkabungan. Tentara yang pulang dari pertempuran merasa malu dan sebagian melarikan diri karena takut akan kemarahan Daud.

Saudaraku,
Berhati hatilah dalam memberikan mandat dan amanah kepada orang (kelompok orang) yang jelas jelas tidak bisa dipercaya atau yang punya agenda tersendiri. Sebab alih alih menjalankan mandat dan kewenangan yang Anda berikan...ia malah justru akan memanfaatkan kewenangan yang Anda berikan untuk menghancurkan dan atau mengambil alih semua yang Anda miliki.

Sesungguhnya...

Pemberian mandat kekuasaan kepada orang yang tidak tepat..akan menjadi bencana..yang dampaknya akan Anda sesali seumur hidup..

TAD

No comments:

Post a Comment