Renungan Mezbah Keluarga #17E15

Bacaan: Mat 6:33

VALUE

Pengalaman iman dan perjumpaan dengan TUHAN akan menghasilkan value atau nilai nilai hidup yang baru, yang disebut sebagai nilai KERAJAAN ALLAH. Itulah nilai INJIL yang diajarkan oleh Tuhan Yesus dan yang seharusnya diajarkan oleh Gereja (secara konsisten) sampai hari ini.

Gereja jangan sibuk berdebat soal dogma, hukum benar atau salah, haram atau halal,  sahabat atau kafir...selamat atau tidak selamat, menjadi besar atau kecil...sebab itu bukan nilai utama yang diajarkan oleh Tuhan Yesus. Nilai utama yang dituliskan dalam seluruh kitab Injil sebagai perwataan kabar baik itu adalah KERAJAAN ALLAH dan kebenarannya.

Pesan dari nilai nilai Kerajaan Allah yang diajarkan oleh Tuhan Yesus dalam kotbahNya di bukit (Matius pasal 5-7) memang "menjungkir-balikkan" logika banyak orang. Nilai nilai tsb nampaknya lemah tetapi justru itulah yang akan mempermalukan dunia. Rasul Paulus menjelaskan: "..dan apa yg lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan yg kuat...supaya jangan ada seorang manusiapun yg memegahkan diri dihadapan Allah." (I Kor 1:27-29)
Yup, itulah logika Kerajaan Allah yang "sungsang". Melaluinya kita diajak memasuki dimensi kekuatan kuasa Allah yang sedang bekerja diantara kita.

Dalam Injil Lukas 15, Kerajaan Allah digambarkan lebih berharga dari pada bisnis (domba), lebih berharga dari pada kekayaan (dirham), dan bahkan lebih berharga dari pada keluarga (anak). Jika KERAJAAN ALLAH itu ditemukan, maka akan ada sukacita yang sangat besar pada dirinya, tetangganya bahkan malaikat malaikat di Surga ikut bersuka cita ( Lukas 15:7,10). Karena itu : "Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Mat 6:25,33)

Jadi,
Marilah kita praktekkan dan ajarkan nilai nilai Kerajaan Allah itu dalam hidup kita dan Gereja. Sebab itu adalah KABAR BAIK yang sangat powerful, yang akan mengubahkan pandangan dan cara hidup banyak orang. Mungkin kita segera bertanya: "Seperti apa nilai nilai Kerajaan Allah yang sangat powerful itu?  dan bagaimana aplikasinya dalam kehidupan? Jawabnya: silahkan baca kembali Renungan MK tanggal 7 Maret 2017 sampai 18 Maret 2017 yang sudah dibagikan. Semua sudah dipaparkan disana.

TAD

No comments:

Post a Comment