Renungan Mezbah Keluarga #17D25

Bacaan: Matius 28:16-20

Salah satu panggilan yang terpenting (dan mendesak) bagi Gereja saat ini adalah panggilan KEMURIDAN...yakni menjadi murid sekaligus memuridkan. Sungguh..Gereja di Indonesia akan kocar kacir menghadapi tekanan dan penindasan apabila tidak kembali pada Jalan KEMURIDAN.

Michael Wilkins, profesor Perjanjian Baru menjelaskan pengertian MURID sebagai istilah khusus yang digunakan di kitab kitab Injil yang menunjuk kepada para pengikut Yesus dan merupakan sebutan yang umum bagi mereka yang dalam gereja mula mula disebut orang percaya, orang orang Kristiani, para saudara saudari, kawan seperjalanan atau orang orang suci.. Istilah atau penyebutan murid tersebut setidaknya 230 kali diseluruh Injil dan 28 kali dalam Kisah Para Rasul.

Wow..! Sebutan murid di kitab kitab Injil dan kisah para rasul sampai abad ke empat terasa banget spesifiknya, karakternya dan dampaknya, khususnya pada saat masa masa aniaya.

Seseorang pernah bertanya kepada kami konsep murid seperti apakah yang akan kami ajarkan kepada umat? Kami memahami arah pertanyaannya, yakni ingin mengetahui lebih lanjut model dan modul apakah yang akan kami pakai untuk memuridkan umat?

Menjawab pertanyaan tersebut, kami menjawab menjadikan murid itu pertama tama bukan soal modul dan model, namun soal bagaimana diri kami sendiri diubahkan untuk menjadi murid. Hanya orang yang mau dibentuk menjadi muridlah yang akan bisa memuridkan. Inilah model yang dicontohkan oleh Tuhan Yesus sendiri. DIA bersedia untuk "dimuridkan" agar diperlengkapi dengan kuasa pemuridan.

Jika kita simak dengan teliti kisah kisah yang diuraikan oleh Lukas dengan runut didalam Injil Lukas pasal 3 dan 4, kita akan menemukan patron trilogi (tiga hal yang saling bertaut dan saling bergantung) pemuridan yang luar biasa dahsyatnya, yakni dimulai dengan  pembaptisan oleh Yohanes, pengurapan oleh Roh Kudus dan pencobaan dipadang gurun, serta inti pengajaranNya saat DIA kembali ke kampung halamanNya yakni Nazareth.

Trilogi itulah yang menjadi pola pemuridan ala Sang Guru kita Yesus Kristus untuk kita jalankan juga saat ini, yakni : PENGURAPAN, PENGGENAPAN dan PEMBEBASAN.

Nah bagaimana ketiga hal tersebut diurai-jabarkan? Besok akan kami jabarkan satu persatu...

(bersambung)

TAD

No comments:

Post a Comment