Renungan Mezbah Keluarga #17E13

Bacaan: Mat 28: 18-20

ENCOUNTER

Mengapa sih kita (Gereja) perlu memberitakan Injil (KABAR BAIK) kepada semua orang? Tidakkah lebih baik membiarkan orang pada pilihannya masing masing? Jangan saling mengganggu atau membujuk orang yang sudah memiliki agama atau kepercayaan lain untuk menjadi Kristen. Yup..! Tepat. Selain dari apa yang sudah diuraikan sebelumnya, tujuan mengabarkan Injil atau KABAR BAIK bukanlah untuk menjadikan orang (yang beragama lain) untuk berpindah agama menjadi penganut agama Kristen. Sebab kalau itu tujuan utamanya maka apa yang diajarkan dan dilakukan oleh Tuhan Yesus gagal total.

Jika kita menyimak dengan baik ajaran dan teladan yang diberikan oleh Tuhan Yesus dalam mewartakan KABAR BAIK, maka ada 2 tujuan yang sangat Yesus tekankan, yakni :

1. KESATUAN
Kerinduan Tuhan Yesus ini tercermin dengan jelas pada isi doaNya yang dicatat dalam Injil Yohanes 17:18 "Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;
supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
(Yohanes 17:20-21). Jadi Yesus bukan hanya berdoa untuk para pengikutNya saja  tetapi juga kepada orang orang (lain) agar kita semua mengalami PERJUMPAAN dan KESATUAN dengan ALLAH. Ini jauuuuh lebih penting dari pada status keagamaan.

2. KEMURIDAN
Sebelum Tuhan Yesus naik ke Sorga untuk kembali menyatu dengan BAPANYA, Ia memberikan perintah demikian: "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20). Perintah Yesus jelas...agar kita menjadi murid yang memuridkan. Nah jika DOA AGUNG dan AMANAT AGUNG ini di hubungkan, maka perintah memuridkan ini bukan semata mata menjadikan orang lain berubah agama menjadi Kristen....BUKAN! Perintah Tuhan Yesus ini mengajak dan mengajar (diri kita sendiri dan orang lain) untuk mengalami PERJUMPAAN dan PENYATUAN dengan Yesus yang adalah FIRMAN. Firman ini tentu tidak sama dengan agama. FIRMAN itu jauh lrbih penting dari agama sebab Firman adalah sumber kehidupan, FIRMAN itu adalah Allah.

Jadi kata kunci nya disini adalah ENCOUNTER atau PERJUMPAAN. Pemberitaan Injil itu harus menghasilkan perjumpaan yang intim dan indah antara manusia dengan Allah,
antara si murid dengan Sang Guru...

setelah itu...biarkan roh Kudus yang bekerja


TAD

No comments:

Post a Comment