Renungan Mezbah Keluarga - Jumat, 23 September 2016

Bacaan: Matius 16:16,18-19

Kuasa seperti apakah yang diberikan kepada kita, sehingga Tuhan Yesus mengatakan: "Apa yang kau ikat dibumi terikat di sorga dan apa yg kau lepas dibumi terlepas di Sorga?" Ini menjadi statemen yg menarik untuk dikaji. Ada 3 pengertian mengenai kuasa tsb;

1. Keselamatan
Pengakuan iman yg dinyatakan oleh Petrus tsb berdampak pada "ikatan" keselamatannya di Sorga. Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh Firman Allah yang hidup dan yang kekal itu" (I Pet1:25). Jadi pengakuan iman yg kita ikat di bumi ini akan terikat di Sorga, demikian pula sebaliknya. Titik!

2. Jaminan Keselamatan 
Didalam Kritus kita mendapat bagian yg telah disediakan bagi kita menurut kerelaanNya dibumi ini seperti di Sorga. Dan Roh Kudus adalah jaminan bagian kita (dibumi) sampai kita memperoleh seluruhnya (di sorga), yaitu penebusan yg menjadikan kita milik Allah (Efesus 1:9-14).

3. Disiplin Rohani
Gereja diberi untuk kuasa Firman untuk mengajar, menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (II Tim 3:16). Namun jikalau ada orang yg memberontak dan menghujat Roh Kudus, maka orang tersebut bisa dikenakan disiplin gereja (tentunya setelah mendapatkan penggembalaan khusus). Nah, disinilah kuasa Kerajaan Allah dinyatakan; apa yang kau lepaskan dibumi ini..akan terlepas juga di Sorga. Yesus berkata: "Setiap orang yg mengakui aku didepan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia didepan malaikat malaikat Allah, Tetapi barang siapa menyangkal aku didepan manusia, ia akan disangkal didepan malaikat malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus ia tidak akan diampuni." (Luk 12:8-10).

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment