Renungan Mezbah Keluarga #16L13

Bacaan: Lukas 3:1-17

Saat memasuki minggu adven kedua, ada jemaat yg bertanya:
"pak apa yg harus kita siapkan untuk menyambut Natal?"
"Aku ingin ada kegerakan rohani seperti yg diperintahkan Yohanes Pembabtis saat menyambut kedatangan Tuhan Yesus."
"Apa itu?"
"Bertobat dan hasilkanlah buah buah sesuai dengan pertobatan.. inilah bukan hanya untukmu tetapi juga untukku dan gereja kita"
"Kongkretnya bagaimana?"
"Hehe, pertanyaanmu ini persis seperti yg tercatat dalam Injil Lukas 3, yuuk kita lihat (lalu saya bukakan Alkitab di hp):


Pertama, BERBAGI
"Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian." (Lukas 3:11)
Natal adalah momentum yg paling tepat untuk berbagi. Bayangkan jika setiap jemaat berani mendemonstrasikan perayaan Natalnya dengan berbagi berkat, makanan, pakaian kepada orang orang yg memerlukan. Ini akan menjadi kegerakan kasih yang nyata.

Kedua, CENGLI
Cengli itu artinya fair, wajar atau sesuai standart. Jangan main tipu dengan seolah hendak menolong padahal kemudian merongrong. Berdaganglah secara cengli:
"Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu." (Lukas 3:13)

Ketiga, AMANAH
Kita cenderung melihat kekuasaan sebagai lahan untuk mencari kekayaan. Ini bukan hanya terjadi di birokrasi pemerintahan, tetapi juga di gereja. Yohanes berkata: "Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu." Jabatan dan kekuasaan itu amanah, yang harus dipertanggungjawabkan pada Tuhan dan kehidupan.

Nah, itulah yang seharusnya kita lakukan untuk menyambut Natal..ada perubahan total dan radikal dalam hidup kita dan gereja kita. Tidak mudah memang...namun itulah yang benar dan yang disukai TUHAN.

(kulihat mata jemaatku nampak kosong...ada sesuatu yg menggelantung dipikirannya), lalu ku tepuk pundaknya...
"aku buatin kopi ya..?"

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment