Renungan Mezbah Keluarga #16L21

Bacaan: Matius 1:18-25

Malam itu....
Malaikat TUHAN datang menjumpai Yusuf dalam mimpi dan menyapa: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai istrimu, sebab anak yg didalam kandungannya adalah dari Roh Kudus."
Wuaaah Yusuf tak menyangka kalau dia disapa dengan sebutan yg dirindukan oleh semua pria Yahudi. Bayangkan setiap hari, sejak jaman pembuangan di Babel, umat Israel berharap akan segera datang Mesias dari wangsa Daud. Jadi sebutan keturunan Daud yg didengar oleh Yusuf langsung berkonotasi pujian dan sekaligus pilihan. Pujian bahwa Yusuf adalah keturunan dari Daud, dan pilihan untuk menjadi bagian dalam penggenapan janji mesianik Yahudi.

Maka dari itu lapar ego dan grundelan dari Yusuf, langsung sirna mendengar dirinya disapa dengan sebutan "Yusuf, anak Daud". Yusuf pun tenang dan tugas selanjutnyapun tak jadi penghalang. Ia tak lagi takut untuk dianggap tidak waras, sebab sekarang ia adalah pria pilihan. Apalagi malaikat menjelaskan bahwa anak yg anak lahir itu adalah juru selamat dunia..dan Yusuf diberi kesempatan Allah untuk memberi nama bagi anak itu dengan nama Yesus.

Malaikat pun menambahkan, jika nanti ada yg bertanya akan landasan "logisnya", jawablah bahwa hal itu merupakan penggenapan dari nubuatan nabi Yesaya:  "Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita." (Yesaya 7:14)

Sesudah bangun, Yusuf menjadi mantap. Ia sadar bahwa Tuhan tak melupakannya, malah kini ia dipercaya untuk satu peran yang amat mulia. Yusuf sang laki laki itu...kini sadar diri, bahwa panggilan hidupnya bukan hanya untuk menjadi seorang laki laki.. tetapi juga suatu panggilan kudus sebagai ayah bagi benih ilahi.

Wow!!!
Sungguh ini kisah Natal yang perlu didengar oleh semua laki laki..agar tidak sibuk dengan lapar egonya yg tak pernah puas terpenuhi.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment