Renungan Mezbah Keluarga - Kamis, 8 Desember 2016

Bacaan : Matius 25:1-46

Kemarin kami menyebutkan ada 3 hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut hadirnya Sang Messias, yakni BERJAGA, BERKARYA dan BERBELARASA. Hari ini, kami akan urai satu persatu;

BERJAGA.
Berjaga jagalah senantiasa sebab kita tidak tahu kapan hari dan saatnya Ia akan datang. Jadilah seperti gadis gadis yang bijaksana yang senantiasa menjaga minyaknya agar pelitanya tidak padam. Minyak melambangkan roh kita yg harus dijaga nyalanya secara bijaksana. Hidup jangan diboroskan untuk hal hal duniawi saja. Harus ada lokasi waktu dan spirit secara bijaksana untuk menantikan kedatanganNYA.

BERKARYA.
Dalam menantikan kedatanganNya, kita harus tetap mengerjakan bagian (tanggungjawab) hidup kita dengan total dan optimal. Jangan malas! Ingat, TUHAN sudah mempercayakan talenta, kompetensi dan waktu dalam hidup kita, oleh karena itu kerjalan dan lipat gandakan talentamu untuk kemuliaan TUHANmu.

BERBELA RASA.
Sang Messias pasti datang kembali kedunia ini untuk mengadakan perhitungan. Sesungguhnya kedatanganNya yang pertama (peristiwa Natal) telah melatih kita untuk senantiasa terjaga. IA bisa datang dalam wujudNya yang pling sederhan dan tak disangka sangka (seorang bayi dikandang Bethlemem). Nah, kisah dalam Matius 25:31-46 juga mengindikasikan hal yg senada, dimana IA akan (dan telah) datang lewat wujud sesama yg sangat sederhana, untuk menguji belarasa kita. Apakah iman kita itu benar kongruen, sama dan sebangun dengan apa yang kita kerjakan. Jika tidak, maka IA tak akan ragu untuk mencampakkan kita dalam kegelapan dan siksaan kekal.

Saudara,
itulah 3 pesan penting bagi kita di masa adven eskatologis ini, agar besok minggu depan saat kita memasuki adven natalis, kita sudah benar benar siap memaknai hadirNYA dalam rupa yang sederhana, dalam roh yang tetap menyala dan hati yang terjaga untuk menjadi jawaban pengharapan bagi derita sesama.

Amin.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment