Renungan Mezbah Keluarga - Rabu, 7 Desember 2016

Bacaan: Matius 25:31-46

Agama Islam
Gambar Mesias dalam agama Islam dikenal dengan sosok Imam Mahdi, yang berasal dari  keluarga Rasulullah. Dia dicirikan dengan  memiliki dahi yang lebar dan hidung yang mancung serta memiliki nama yang sama dengan Rasulullah yakni Muhammad. Ia akan muncul saat bumi dipenuhi ketidak-adilan dan tirani, serta ketika terjadi gempa bumi dahsyat dan terjadi mujizat dimana padang pasir menjadi padang rumput. Ia akan memimpin umat dalam berbagai pertempuran untuk memenuhi bumi dengan keadilan dan persamaan hak. Ia akan memerintah umat manusia selama 7 tahun dan menjadi pemimpin sholat shalat di Mekah dimana Isa alahissalam akan menjadi makmumnya.

Nah, itulah gambaran Messias yang diyakini dalam agama agama Abrahamic. Kapan waktu kedatangannya? Tidak seorangpun tahu..sebab waktu yang masih dirahasiakan. Yang terpenting bagi kita adalah membaca tanda tanda kedatangannya serta menyiapkan diri saat Ia datang sebagai eschatological king. Nah untuk itulah kita menghayati minggu-minggu adven.

Jika dalam minggu adven pertama yang lalu, kita sudah belajar mengenai figur hamba yang menderita dari kitab Yesaya 53, maka di minggu Adven kedua ini, kita akan membaca dan merenungkan kitab Injil Matius pasal 25. Sebab penantian kita akan Mesias itu harus terarah pada Mesias yang akan datang kedua kalinya. Kita tidak lagi menantikan kedatangan Messias sebagai perwujudan dari empirical king dalam kuasa dan otoritas Davidic Kingship. Sebab bagi kekristenan kedatangan Messias itu sudah digenapi lewat kelahiran Yesus dalam peristiwa Natal yang pertama. Kita (sebagai pribadi dan gereja) sekarang sedang bersiap menantikan kedatanganNya yang kedua sebagai eschatological king. Karena itu bacaan Injil Matius 25 menolong kita untuk menyiapkan minilal 3 sikap yang harus dilakukan, yakni : BERJAGA, BERKARYA dan BERBELARASA.

(bersambung)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment