Renungan Mezbah Keluarga - Jumat, 26 Agustus 2016

Bacaan: Matius 6:25-34

Keempat, MENCARI.
Setelah kita belajar mengenali apa hakekat HIDUP, mengelola KEKUATIRAN dan belajar membangun KEPERCAYAAN, kini kita masuk pada point keempat dari ajaran Yesus yakni MENCARI Kerajaan Allah. Dimana dan bagaimana kita mencari? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, ijinkan kami menengangkat satu ilustrasi sbb:

Suatu malam Nasrudin nampak sibuk sekali mencari sesuatu di rumahnya. Para tetangganya yang lewat kemudian bertanya: "apa yang sedang engkau cari Mullah?"
"Oo..Aku sedang mencari uangku yang hilang"
Maka para tetangga ikut membantu mencari uang Nasrudin yg hilang. Setelah hampir satu jam tak membuahkan hasil, tetangganya bertanya "Mullah coba ceritakan kepada kami dimana dan bagaimana uangmu itu hilang?"
Lalu Nasrudin menjelaskan bahwa uangnya itu terjatuh hilang saat ia dalam perjalanan pulang ke rumah.
"Hadeww!! Mengapa engkau mencari dirumah, kalau uangmu jatuh di jalan?"

"Ya karena disini lebih terang", jawab Nasrudin.

Saudara,
Jangan jangan kita jg sering seperti Nasrudin dlm mencari Kerajaan Allah. Kita mencari Kerajaan Allah ditempat dan dengan cara yang salah. Dimensi Kerajaan Allah adalah dimensi rohani yg harus didekati dan dicari dengan niatan dan cara2 rohani, bukan duniawi. Apa itu cara dan niatan rohani itu? Ada 3 yakni KEBENARAN, DAMAI SEJAHTERA dan SUKACITA. Roma 14:17 berkata: "Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus."

Sampai dititik ini,
marilah kita mengambil waktu teduh untuk bertanya; apakah kita telah mengukurkan 3 hal tsb dalam seluruh olah pikir, tutur, dan laku kita?


  1. Olah PIKIR yg benar untuk mencari KEBENARAN
  2. Olah TUTUR yg teduh untuk mewartakan hal DAMAI SEJAHTERA
  3. Olah LAKU yg antusias untuk membawa SUKACITA


Karena barang siapa mencari dan melayani Kerajaan Allah dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment