Renungan Mezbah Keluarga - Senin, 29 Agustus 2016

Bacaan: Roma 14:17-19

Secara berseri kita telah mendalami karunia roh, bagaimana mengaktivasikan karunia-karunia tsb lewat peneguhan ke 3 pilarnya, yakni:

  1. karunia keselamatan 
  2. karunia Kerajaan Allah
  3. karunia menderita untuk Kerajaan Allah


Nah, minggu lalu kita telah mulai mengupas hal Kerajaan Allah. Kerajaan Allah itu bukan soal materi, melainkan soal KEBENARAN, DAMAI SEJAHTERA dan SUKACITA oleh Roh Kudus.

Apa itu KEBENARAN?
Kebenaran adalah fondasi kehidupan. Tanpa kebenaran tidak ada satupun makhluk yg dapat hidup. Semua ilmu dan peradaban dibangun dari pencarian dan perumusan akan kebenaran. Pertanyaan yg sampai hari ini terus dilontarkan adalah apa itu kebenaran? Ada 4 tingkatan kebenaran;

  1. Kebenaran tubuh, dengan seluruh kepentingan dan subyektifitasnya.
  2. Kebenaran ilmu, dengan standart ukuran yg bisa diverifikasi dan disistematisasi.
  3. Kebenaran Iman, berdasarkan ajaran dan keyakinan religiositasnya.
  4. Kebenaran Roh, yakni kebenaran yg dikerjakan oleh Roh Allah yg mendatangkan damai sejahtera dan sukacita.


Nah, Injil mengajarkan kepada kita untuk memasuki tahap ketiga dan keempat tanpa mengesampingkan tahap pertama dan kedua. Yesus berkata: "Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran." (Yoh 4:24). Mungkin ada yg segera bertanya: "Lalu bagaimana menyembah Allah dalam roh dan kebenaran itu?" Jawabnya; anda dan saya harus masuk ke dimensi roh, sebab Allah yg adalah Roh, tidaklah mungkin didekati dgn pola pikir kepentingan duniawi. Allah juga tidak mustahil diurai-bentuk dalam format verifikasi dan sistematisasi ilmu. Allah hanya bisa didekati dengan keyakinan iman dan dalam pimpinan Roh Kudus.

Bagaimana caranya agar bisa memiliki roh tsb? Mau tahu?? Ssttt..kami kasih tahu rahasianya, tapi janji dijaga baik baik ya...sebab rahasia ini akan mengubah seluruh orientasi hidupmu. Siap??

Ambil Alkitabmu dan bacalah Injil Yoh 14:15-17 dan Yoh 16:13.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment