Renungan Mezbah Keluarga - Rabu, 10 Agustus 2016

Bacaan: Lukas 4:1-44

Sekali lagi tahap IDENTITAS itu bukannya tidak penting..oh itu sangat penting. Kitab2 Injil juga dibuka dgn penjelasan tentang indentitas siapa Yesus. Dari jalur keturunan siapa Dia lahir? Bagaimana kelahiranNya? Dimana tempat tinggalNya? Tetapi itu semua hanya mendapatkan porsi yg kecil dlm catatan Injil. Ada 2 bagian lain yg lebih besar dan lebih penting untuk di catat yakni:
1) tahap karya karyaNya yg dimulai dgn pimpinan Roh Kudus
2) tahap kematian dan kebangkitanNya.

Nah, dua tahap inilah yg kita perlu masuki, agar gereja bisa menjadi kabar sukacita (Injil) bagi dunia.

Tahap KARUNIA ROH.
Harus dicatat disini bahwa tahap ini tidak mengabaikan pentingnya identitas gereja. Tahap ini justru memberi isi dan makna yg benar akan identitas ilahi dalam tubuh organisasi manusiawi. Itulah sebabnya rasul Paulus memberikan gambaran akan identitas organisasi gereja sebagai TUBUH KRISTUS, bukan bagan struktur yg mengutamakan hirarki kekuasaan dlm ukuran tangungjawab akan hak dan kewajiban. Tubuh itu memberi gambaran pada peran fungsional yg melibatkan semua bagian. Bagian tubuh yg satu tidak boleh menganggap dirinya lebih utama daripada yg lain. Ada fungsi gerak (bersama) dalam menghasilkan karya2 kehidupan.

Gambaran akan tahap ini dimulai dari pembaptisan Yesus, dimana Roh Kudus dicurahkan, lalu Yesus dipimpin oleh Roh, Ia dibawa ke padang gurun (Luk 4:1), kemudian dibawa kembali ke Galilea untuk menggenapkan nubuatan: Roh Tuhan ada padaKu, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang2 miskin dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang2 tawanan, dan penglihatan bagi orang2 buta, untuk membebaskan orang2 tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

Nah itulah tahap yg sangat penting sbg batu uji gereja. Apakah gereja masih berkutat  ditahapan identitas atau sudah berani melangkah pada tahap berikutnya.

(bersambung)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment