Renungan Mezbah Keluarga - Senin, 17 Oktober 2016

Bacaan : Kejadian 3:20
Setelah kita membahas peran ayah dalam semingu yang lalu, minggu ini kita akan menguraikan peran ibu bagi pendidikan anak anaknya. Khususnya apa yang menjadi tugas dan fungsi utama seorang ibu.

Saudara,
Ada 3 peran penting seorang ibu bagi pertumbuhan anak anaknya, khususnya pada usia 0-12 th, yakni: Nutrition, Care dan Maintain.

NUTRITION (Nutrisi)
Mulai dari anak masih ada dalam kandungan, seorang ibu harus memperhatikan asupan gisi yang masuk dalam tubuhnya, sebab seluruh nutrisi yang diperlukan janin untuk berkembang didapat melalui makanan dan suplemen yg dikonsumsinya. Nutrisi yang diperlukan pada bulan pertama kehamilan sampai kelahiran adalah makanan yang mengandung kalsium (susu, yogurt, keju), zat besi (daging merah, daging unggas, ikan, bayam, dan kacang2an), folat dan asam folat (bayam, anggur, jeruk, kacang polong), DHA (ikan laut dingin, ikan salmon, tuna, kod hitam, sarden dan udang) dan protein (daging tanpa lemak, telur, tahu, tempe).

CARE (pengasuhan)
Peran berikutnya adalah merawat, mengasuh dan melimpahi anak anaknya dengan kasih yg penuh. Saat anak jatuh sakit, sang ibu akan melakukan apapun untuk berjaga dan menyembuhkan anaknya, bahkan seandainya mungkin ia pun akan rela menggantikan posisi anaknya yang sakit. Itu sebabnya muncul peribahasa "kasih anak sepanjang galah, kasih ibu sepanjang jalan."

MAINTAIN (memelihara)
Peran ibu yang tak banyak disebut (padahal sangat penting) adalah menegakkan disiplin. Ya! Ibulah yang pertama tama menegakkan disiplin bagi anak anaknya, bukan ayah. Ibulah yg mengajari anak tentang tempat, waktu dan cara yang benar. Dan itulah fondasi ajaran tentang kedisiplinan.

Karena itu...
tidaklah berlebihan jika orang mengatakan bahwa surga ada dibawah telapak kaki ibu.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment