Renungan Mezbah Keluarga - Selasa, 1 November 2016

Bacaan: Ulangan 5:16

2. BERBUDI
Orang tua pasti mendambakan anaknya menjadi orang yang berbudi. Berbudi berarti mementingkan nilai nilai luhur sebagai dasar penopang hidup dan pengambilan keputusannya. Nilai nilai luhur ini diajarkan oleh orang tua yang benar benar takut akan TUHAN. Taburkan nilai nilai luhur ini terus menerus secara konsisten. Pengkhotbah 11:6 mengatakan: "Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik."
Dan jika nilai nilai luhur tsb sudah tertanam, maka ia tak akan mudah terkontaminasi oleh nafsu kedagingan yang ditebarkan oleh lingkungan.

3. LEMAH LEMBUT
Orang tua menginginkan agar anak anak mereka menjadi orang yang lemah lembut. Lemah lembut bukan lemah gemulai, namun dimengerti sebagai sebuah tindakan baik yang digerakkan oleh bela rasa yang sangat dalam (compassionate). Kelemahlembutan itu dikerjakan secara otomatis oleh anak anak yang mencintai orang tuanya. Karena kelemah lembutan itu lahir dari ketulusan cinta, kejernihan akal, kebeningan budi.

Yup...Itulah 3 hal yang sangat disukai oleh orang tua dan secara konsisten terus ditaburkan dalam doa dan keteladanan hidup orang tua bagi anak anaknya. Hikmat dan berkat itu datangnya dari atas, dari Allah kepada orang tua dan turun ke anak cucu..ia bagai minyak urapan yang turun kekepala Harun, lalu turun kejanggut dan kejubahnya..

Charles Spurgeon mengatakan, “Hikmat adalah keindahan hidup yang hanya bisa dihasilkan karya Allah dalam diri kita..melalui orang orang pilihannya."

Jadi,
Hormatilah ayah dan ibumu....mintakanlah hikmat dan berkat atas kepalamu... maka umur panjang ada ditangan kananmu, ditangan kirimu akan ada kejayaan dan kehormatan (Amsal 3:16)

Amin.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment