Renungan Mezbah Keluarga #17A02

Bacaan: Yosua 2:1-24

Selamat tahun baru, 2017. Apa pesan buat kita semua di tahun 2017 ini? Pesannya; Tuhan ingin agar kita menjadi bagian penting dalam sejarah kudusNya. Mungkin kita akan menjawab: "Lah...Saya ini siapa? Bukan tokoh, bukan pemimpin..terkenalpun tidak. Hidup saja pas-pasan, bisa makan dan bayar kontrakan saja sudah puji Tuhan. Bagaimana mungkin bisa ikut menjadi agen perubahan dalam sejarahnya TUHAN?"

Eiiit...jangan pesimis dulu dong. Siapa pernah menduga kalau pak Jokowi yg dulu dikatakan "ndeso" dan "plonga-plongo" bisa jadi presiden yg dikagumi banyak negara di dunia? Siapa mengira kalau klakson bus malam tiba tiba jadi viral dan terkenal dengan "om telolet om" nya. Jadi semuanya serba mungkin, jika Tuhan berkehendak.

Saudaraku,
Kalau kita berbicara mengenai tokoh tokoh "pembuat" sejarah, maka segera pikiran kita akan tertuju pada nama nama besar seperti Abraham, Yusuf, Musa, Yosua, Daud, Salomo, Elia, Ezra-Nehemia, Ester, Yesaya, Yeremia, Paulus dll. Dan itu tepat karena mereka memang tokoh besar yang senantiasa dipakai sebagai contoh untuk membangkitkan semangat dan panduan bagi resolusi hidup ditahun yang baru. Tetapi tahun 2017 ini, kami justru akan mengangkat satu nama (yang seharusnya tidak layak untuk diangkat), namun memiliki peran penting bagi sejarah perubahan bangsa Israel, yakni Rahab.

Rahab adalah perempuan sundal, yang dicatat oleh Alkitab sebagai tokoh kunci yang membantu bangsa Israel merebut tanah Kanaan. Keteribatannya yang tak terduga itu, justru membuat kita percaya bahwa Allah bisa bekerja lewat siapa saja. Lewat orang piihannya yang dipersiapkan dengan sangat istimewa seperti Musa atau bisa juga lewat Rahab, perempuan sundal yang layak dinista.

Apa yang menarik dan yang bisa kita pelajari dari Rahab ini? Ada 4 pilihan yang dikerjakan oleh Rahab yang menjadikannya layak menjadi bagian dari sejarah Tuhan, bahkan dicatat namanya dalam Alkitab, yakni:

(bersambung)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment