Renungan Mezbah Keluarga #17A06

Bacaan: Yakobus 3:13-18

Yakobus mencatat paling tidak ada 5 ciri dari pendusta:

  1. tidak bijak dan tidak berbudi (Yak 3:13).
    Bukan oleh jubah dan simbol agama orang dinilai bijak dan berbudi. Ooo pendusta bisa saja tampil seolah suci bak keturunan nabi. Simbol agama bisa dikenakan dari ujung kepala hingga kaki. Tapi dari tutur dan laku hidupnya kita akan tahu siapa yg bijak dan siapa yg berbudi. (band Amsal 29:8-11).
  2. iri hati (Yak 3:14)
    Ya, iri hati akan membuat membuat orang menumpuk satu dusta diatas dusta lainnya. Orang seperti ini akan susah melihat kebenaran di depan mata. Mata hatinya gelap oleh iri, diperparah oleh dengki dan berujung pada benci. Akal sehatnya mampet, nuraninya bumpet.
  3. mementingkan diri sendiri (Yak 3:14)
    Orang yg sudah dirasuk oleh kebencian, akan mementingkan (kemenangan) diri sendiri. Agama dan TUHAN tak lagi menjadi kendali. Tiap hari yg dipikirkan hanyalah.."Bagaimana aku bisa mengalahkan lawanku, membunuhnya jikalau perlu.. Ah, persetan dengan agamaku..!"
  4. memegahkan diri (Yak 3:14)
    Disinilah manusia mulai memegahkan diri. Ia merasa dirinya adalah hukum. Hanya dirinya yg  boleh menafsirkan hukum dan mengarahkan kepada siapa hukuman dijatuhkan.
  5. berdusta melawan kebenaran (Yak 3:14)
    Ia berbicara atas nama kebenaran, padahal ia sedang berdusta melawan kebenaran. Dusta akan disebarkan secara masif agar menjadi "kebenaran". Lalu ia akan mengumpulkan konco dan kroni untuk menjadi saksi "kebenarannya" yg palsu itu.
Nah, itulah 5 ciri pendusta.
Jelas orang yg bisa melakukannya pasti bukan orang biasa, tak jarang mrk itu adalah pemimpin agama. Karena itu
wake up..!! Jika engkau melihat 5 ciri tersebut diatas ingatlah bahwa: "Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan. Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat." (Yak 3:15-16)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment