Renungan Mezbah Keluarga #17A18

Bacaan: Efesus 4:2, 21-32

Setelah kita kupas 4 hal yang bisa men-charge roh kita agar tetap menyala nyala, maka kita harus waspada pada 5 hal yang bisa memadamkan roh. Apa itu?
  1. Dusta
    Setelah menjelaskan 4 hal yang bisa memperbaharui roh, rasul Paulus langsung memberi nasehat praktis untuk membuang dusta dan (mulai) berkata benar seorang kepada yang lain (ayat 25).
  2. Marah
    Memang tidak semua kemarahan itu jelek dan bisa melemahkan/memadamkan roh. Sebab ada kemarahan yang diperlukan untuk mendidik dan meluruskan. Tetapi kemarahan yang berlama lama sehingga mendatangkan kepahitan, kegeraman, pertikaian, fitnah dan kejahatan hendaklah dibuang jauh diantara kamu.
  3. Mencuri
    Jika kebiasaan mencuri, ngutil, ngempang, korupsi dan sejenisnya ini tidak segera diakhiri, maka roh kita akan "mberet" (redup) dan padam. Mungkin kita masih bisa melakukan aktifitas rohani seperti membaca Firman, berdoa, bersekutu bahkan melayani...tetapi jika prilaku mencuri ini tidak stop, ya tetap aja roh kita akan padam. Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan (ayat 28)
  4. Berkata Kotor
    Nasehat Paulus jelas: "Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia (ayat 29).
  5. Mendukakan Roh Kudus Allah
    Nah, ini yang sering ditanyakan: apa dan bagaimana mendukakan Roh Kudus itu? Apakah sama dengan menghujat Roh Kudus? Benarkah kalau kita mendukakan Roh Kudus, kita tidak mungkin diselamatkan lagi?
    Baiklah, khusus poin 5 ini, akan kita bahas kemudian
(bersambung)

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment