Renungan Mezbah Keluarga #17C29

Bacaan: Matius 6:25-34

Jan Bruce, CEO Equilibrium, sistem coaching digital untuk stress, mengatakan paling tidak ada 3 alasan mengapa manusia modern lebih gampang merasakan emosi stress ketimbang bahagia.

1. Merasa Membuang Waktu
Manusia modern merasa banyak membuang waktu di jalan saat bekerja, sehingga saat menikmati makan diatas meja, mereka masih menyelesaikan pekerjaannya. Hidup modern makin sedikit memberi waktu bagi diri sendiri. Saat kita memiliki waktu pun ternyata tak bisa dimanfaatkan secara bijaksana, sehingga tidak bisa menikmati waktu yang sedikit tersebut.

2. Fokus pada Masa Depan.
Mayoritas kita menghabiskan waktu untuk memikirkan apa yg akan terjadi di masa depan, entah esok hari atau minggu depan. Padahal jika kita kehilangan momen saat ini, sebenarnya kita telah kehilangan banyak hal. Kita kehilangan keheningan jiwa untuk menyelami betapa rahmat Tuhan itu bekerja dalam kekinian. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari, sebab hari esok punya kesusahannya sendiri. (Mat 6:34).

3. Menutup Diri
Karena banyak tuntutan waktu, perhatian dan sumber daya kita pada pekerjaan, kita menjadi takut untuk membuka "pintu otak" kita agar tdk dibanjiri stess tambahan. Padahal terkadang kita perlu membuka diri sedikit untuk hal yg berbeda guna melepaskan ketegangan.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan?
Stop stress dan carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaranNya. Caranya?

Temukan dan tentukan apa yang terpenting diantara yang mendesak desak tsb dengan membaca secara meditatif Matius 6: 25-34. Tiap pagi baca teks bacaan tersebut selama seminggu..dan biarkan ayat ayat itu menjadi makanan pada jiwa dan rohmu. Sekali lagi lakukan hal itu terus menerus selama satu minggu. Lalu Latihlah batinmu untuk merasakan kegembiraan dalam menikmati ke-KINI-an. Olahlah rasa takjub, rasa tenang dan rasa gembiramu untuk melihat karya karya Tuhan yang hadir disetiap momen hidupmu...termasuk saat engkau belajar hidup berbagi dengan sesamamu manusia.  Cobalah kerjakan semua itu dengan hati yg damai dan pikiran yg rileks..

Maka ketahuilah, bahwa hidup itu sesungguhnya indah dan menyenangkan..dan tanda tanda Kerajaan Allah akan hadir di pintu rumahmu.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment