Renungan Mezbah Keluarga #17D17

Bacaan: I Korintus 15:1-22

Paskah adalah momentum historis dan simbolis yg sangat penting bagi kekristenan. Bahkan dari sinilah seluruh bangunan iman Kristen disusun. Rasul Paulus mengatakan jika Kristus tidak dibangkitkan maka sia sialah kepercayaanmu dan kamu masih hidup dalam dosamu. (I Kor 15:17).

Ada 5 alasan mengapa Paskah begitu istimewa bagi kita:

Pertama, Paskah adalah BERITA KEMENANGAN

Christos Victor.. Kuasa Allah menang atas kuasa maut. Oleh itu sejak hari ini tidak ada lagi ketakutan.. intimidasi atau apapun yang bisa memisahkan kita dari Kristus. Rasul Paulus berkata: "Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,
atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. (Roma 8:35-39)

Kedua, titik balik dimana kita MENJADI PRIBADI BARU

Hidup yang lama kita sudah berlalu..digantikan dengan hidup yang baru. Kita tidak hanya dibaptiskan oleh air sebagai tanda pertobatan tetapi dibaptiskan dengan darah Kristus.
"...tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru." (Roma 6:3-4)

Ketiga, kita kini dipercaya menjadi SAKSI KEBANGKITAN dan SAKSI KASIH KARUNIA.

Rasul Paulus mengatakan hanya oleh karena kasih karunia Allah itulah yg membawa aku ada sebagaimana aku sekarang ini, dan kasih karunia yg dianugerahkanNya kepadaku tidaklah sia sia. Sebaliknya, melalui kasih karunia Allah itulah, aku akan bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia yang menyertai aku. (I Kor 15:10).

Keempat, kita memiliki MODEL dan MODAL untuk melawan dosa dan kematian. 

Sebab Kristus yg dibangkitkan itu menjadi yg sulung bagi pengharaan akan kebangkitan kita. Yesus sendiri katakan: "Akulah kebangkitan dan hidup, berangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati." (Yoh 11:25)

Kelima, nama kita sejak saat ini tercatat dalam KITAB KEHIDUPAN.
Kitab Wahyu 13:8 menyatakan dengan jelas: "Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih." Ya..dari dan oleh karena darah Anak Domba yang tersalib itulah kita yang dulunya tak tercatat nama kota di Kitab Kehidupan..kini menjadi tercatat! Wow..haleluya...

Nah,  tidakkah Paskah itu sungguh peristiwa yg luar biasa?
Selamat Paskah! Selamat menjadi saksi kebangkitanNya dan menjadi pewaris kasih karunia.

TAD

No comments:

Post a Comment