Renungan Mezbah Keluarga #17D01

Bacaan: Lukas 11:1-12

Gereja adalah tubuh Kristus didunia ini. Nah, sebagai tubuh (layaknya tubuh kita), Gereja juga bisa mengalami keletihan dan kelesuan. Pertanyaannya sekarang; bagaimana agar Gereja tidak lemah letoy dan berbeban berat? Jawabnya: terus bekerja..dan bekerja..dan bekerja.. untuk Injil Kerajaan Allah. Sebab ketika kita berhenti bekerja bagi Tuhan..maka Gereja akan makin lemah dan lelah.

Dalam video clip yang berjudul: "What happens to your body when you stop working out," dijelaskan bahwa tubuh menjadi makin lemah dan lelah apabila:

1. Kebanyakan tidur.
Banyak orang yang tidurnya tidak berkualitas, karena kebanyakan tidur dan tubuhnya kurang gerak. 

2. Timbunan lemak.
Dalam satu minggu saja kita tdk bergerak atau berolahraga, maka otot2 kita kehilangan kemampuannya untuk membakar lemak dan metabolisme tubuh akan melambat. Akibatnya timbunan lemak akan makin bertambah..dan bertambah.

3. Otot akan melemah.
Penelitin menunjukkan setelah 2 minggu tdk bekerja, otot otot kita akan mengkerut dan melemah.

4. Daya tahan tubuh melemah.
Dalam 2 minggu kita tdk bekerja dan kurang gerak, maka daya tahan tubuh kita akan melemah sampai 20 persen.

5. Mudah stress.
Tubuh yang kurang gerak, akan menimbulkan emosi yang labil dan mudah stress. Karena olah raga/bekerja itu sesungguhnya membantu tubuh melepaskan endorpin.

6. Mencari kenyamanan pada makanan.
Kekurangan emosi yg positif akan ditutup dengan mencari "kenyamanan" pada ngemil roti atau junk food.

7. Kemampuan menurun drastis.
Kemampuan untuk menumbuhkan sel sel otak menjadi menurun, anda menjadi makin males dan cenderung mencari "gua" untuk bersembunyi.

Nah...itulah yang banyak terjadi saat ini dengan GEREJA sebagai tubuh Kristus.. Gereja yang kebanyakan "tidur" dan "nyaman" diaktifitas kedalamnya, akan semakin merosot kualitas persekutuan dan pelayanannya. Otot otot rohaninya akan mengendor..tertutup lemak, sehingga yang dicari hanya kenyamanan pada makanan makanan yang tidak sehat (yang menina bobokkan), ketimbang makanan yang keras mengajar dan mengajak untuk praktek Firman.

Karena itu, ayuuuk segeralah bangkit..keluar, lakukan aktifitas pelayanan Firman yang membangun kehidupan. Yesus berkata: waspadalah terhadap ragi orang Farisi yang hanya mau meributkan soal haram halal. Jangan takut pada ancaman ancaman yang memandulkan aktifitas pelayanan Gereja. Bergerak dan berkaryalah dijalan kebajikan TUHAN, baik didalam gedung Gereja maupun dikehidupan nyata...

sebab itulah yg akan memberikan kesegaran dan kekuatan pada tubuh Kristus yang adalah GEREJA.

TAD-Ani

No comments:

Post a Comment